Daftar 10 hewan langka di Indonesia


Daftar 10 hewan langka di Indonesia, Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali kekayaan. Kekayaan tersebut bisa kita lihat di sektor kelautan, kehutanan, dan alamnya yang indah. Karena itu banyak sekali jenis flora dan fauna yang dimiliki Indonesia. Namun, saat sekarang banyak flora dan fauna yang keberadaannya sudah sulit kita temukan. Penyebabnya antara lain penebangan hutan yang sangat berlebihan, pemanfaatan flora yang tidak sesuai kebutuhan, penangkapan hewan dalam jumlah banyak untuk diperjualbelikan. Kali ini saya akan berbagi kepada kalian Hewan-hewan langka di Indonesia. Apa saja hewan-hewan tersebut? Inilah Hewan-hewan langka di Indonesia:

1. Badak Jawa
Badak Jawa atau sering disebut badak bercula satu ini populasinya sangat langka. Kita bisa menemukannya hanya di taman nasional Ujung Kulon yang terletak di Banten. Badak ini sering diburu untuk diambil culanya yang digunakan untuk pengobatan atau hanya sekedar untuk bisnis saja.

2. Anoa
Anoa berasal dari daerah Sulawesi. Dari tahun ke tahun, populasinya selalu menurun, tidak ada peningkatan. Bahkan, di beberapa daerah di Sulawesi keberadaan anoa sudah tidak ada. Habitat anoa adalah di hutan-hutan.

3. Harimau Sumatra
Harimau Sumatra berbeda dengan harimau-harimau yang ada di seluruh dunia seperti yang ada di India. Harimau Sumatra memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil karena habitatnya yang di dalam hutan, ini memudahkan harimau sumatra untuk bergerak atau untuk menagkap mangsa. Populasi harimau sumatra kini sudah hampir punah.

4. Elang Jawa
Terlihat dari namanya, burung ini berasal dari daerah Jawa. Burung jenis ini memiliki ciri-ciri berupa jambul di kepalanya. Keberadaannya di alam sudah dangat sulit untuk kita jumpai, jika ingin melihat, kita bisa melihatnya di penangkaran atau kebun binatang.

5. Bekantan
Bekantan termasuk jenis monyet yang keberadaannya berada di Pulau Kalimantan. Hewan jenis ini sangat mudah dikenali dengan ciri-ciri yang menonjol yakni memiliki hidung yang panjang serta memiliki rambut tubuh yang berwarna cokelat kemerah-merahan. Bekantan dikategorikan hewan langka sejak tahun 2000.

6. Komodo
Komodo merupakan jenis kadal raksasa yang asli dari Indonesia. Hewan ini termasuk hewan karnivora walaupun lebih sering memakan bangkai hewan dari pada memburu hewan hidup-hidup. Rata-rata komodo bisa mencapai panjang 2-3 m dan berat 60 kg. Banyak yang bilang bahwa komodo merupakan hewan prasejarah yang masih hidup.

7. Merak Hijau
Burung merak Hijau jantan dapat mencapai panjang tubuh 300 cm dengan ekor yang panjang. Juga memiliki jambul tegak di kepalanya. Ekor panjang dan jambul digunakan oleh merk hijau jantan untuk menarik merak hijau betina pada musim kawin. Sedangkan merka hijau betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dan bulunya yang tidak warna-warni.

8. Beruang Madu
Beruna madu terdapat di hutan-hutan Sumatra. Jumlah populasinya dari tahun ke tahun selalu menurun. Walapun jenis beruang, beruang madu sering makan buah-buahan dan juga madu. Perbedaan dengan jenis beruang lain ialah bentuk tubuhnya yang kecil dan terdapat garis kuning berbentuk cincin di antara dada dan lehernya.

9. Jalak Bali
Dengan ukuran tubuh sedang dan bulu yang cantik, tidak heran burung ini menjadi langka karena menjadi incaran para pemburu untuk diperjualbelikan. Burung ini asli endemik Indonesia yang hanya bisa dijumpai di Bali. Diperkirakan jumlah Jalak Bali saat ini sekitar 1.000 ekor.

10. Orang Utan
Orang utan merupaka jenis kera yang asli Indonesia. Hewann yang dalam bahasa Inggrisnya juga Orang utan ini menjadi langka karena disebabkan beberapa faktor, antara lain, kerusakan hutan dan perlihan hutan menjadi ladang, pabrik, dan perumahan. Orang utan bisa kita temui di Pulau Kalimantan, dan orang utan memiliki ciri-ciri berupa rambut tubuhnya yang berwarna kemerah-merahan.

Nah, sekian Daftar 10 hewan langka di Indonesia yang semoga bisa menyadarkan kita betapa pentingnya memelihara alam, yang diantaranya menjaga populasi hewan dengan tidak memburunya, tidak menangkapnya untuk dijadikan binatang peliharaan atau untuk dijual. Mari kita lestarikan satwa Indonesia. Semoga bermanfaat, terima kasih.

4 komentar: