Satuan-satuan makhluk hidup dalam ekosistem




1. Individu
Individu yaitu makhluk hidup tunggal yang merupakan suatu unit fungsional yang fundamental dalam ekosistem. Contohnya : satu tanaman pisang, seekor burung, seorang laki-laki, dan lain-lain.

2. Populasi
Populasi yaitu sekelompok individu sejenis yang berada bersama-sama dalam tempat (habitat) dan waktu yang sama. Contohnya : sekelompok tanaman padi di sawah, sekelompok ikan remora di laut, sekelompok anak di halaman rumah, dan lain-lain.

3. Komunitas
Komunitas yaitu beberapa populasi yang berada bersama-sama dalam tempat dan waktu tertentu. Populasi-populasi ini dalam komunitas mempunyai peran masing-masing, yaitu sebagai berikut :
a. Produsen (organisme penghasil makanan), meliputi tumbuhan hijau dan beberapa jenis mikroorganisme.
b. Konsumen (pemakan produsen/pemakai), meliputi herbivora (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging), omnivora (pemakan segala), dan parasit.
c. Pengurai (perombak), umumnya berupa bakteri dan jamur.
d. Detritivor, meliputi cacing tanah, siput, teripang dan heterotrop lain yang makan jaringan tumbuhan dan hewan yang melapuk.

4. Ekosistem
Ekosistem yaitu suatu komunitas beserta lingkungannya baik biotik maupun abiotik. Lingkungan abiotik terdiri dari komponen yang tidak hidup, misalnya batu, air, tanah, lumpur, cahaya, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar