Jenis-jenis makanan yang mengandung banyak kalsium



Jenis-jenis makanan yang mengandung banyak kalsium, Kalsium adalah makro mineral yaitu mineral yang amat sangat dibutuhkan tubuh lebih dari 100mg per hari. Fungsi utama kalsium adalah berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Dan jika tubuh kita kekurangan kalsium bisa menyebabkan pertumbuhan tulang terganggu dan mengalami osteoporosis. Yang kita tahu, makanan yang mengandung kalsium adalah susu. Padahal masih banyak lagi makanan yang lain yang banyak mengandung kalsium seperti susu. Makanan-makanan tersebut telah saya urai di bawah. Berikut Jenis-jenis makanan yang mengandung banyak kalsium:

1. Keju
Keju merupakan makanan yang berbahan dasar susu, Keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi pada susu seperti, protein, vitamin, mineral, kalsium, fosfor, lemak dan kolesterol. Namun ingat keju juga akan menyebabkan ganguan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

2. Yogurt
Yogurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Namun kebanyakan yogurt sendiri dibuat dari susu sapi. Yogurt juga merupakan makanan tinggi kalsium, karena berbahan dasar susu.

3. Ikan Salmon
Ikan salmon kaya akan lemak sehat juga protein, selain itu 3 ons salmon yang sudah dikalengkan dengan memiliki tulang belakang ternyata juga mengandung kandungan kalsium yang tinggi yaitu 181 mg kalsium.

4. Kacang Almond
Kacang almon yang biasa digunakan sebagai makanan camilan kaya akan vitamin E. Selain itu kacang almond juga mengandung 70-80 mg kalsium.

5. Pisang
Pisang adalah jenis buah-buahan yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Karena pisang terdapat dihampir semua tempat di indonesia. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium.

6. Kacang Kedelai
Tahukah anda, kacang kedelai juga mengandung kalsium yang cukup tinggi, jika satu cangkir kacang kedelai direbus tanpa dicampuri garam, maka akan menghasilkan 261 mg kalsium. Selain itu, ada juga olahan dari kacang kedelai yang juga bermanfaat, yaitu susu kedelai.

7. Sayuran Hijau
Siapa sangka ternyata dalam sayuranpun terdapat kandungan kalsium yang tinggi dan dapat kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Sayuran yang mengandung kalsium tinggi yaitu brokoli dan bayam.

8. Jeruk 
Buah yang satu ini tentu saja sudah tidak asing bagi kita. Jeruk bisa ditemukan dihampir belahan dunia. Selain memiliki kandungan vitamin C, jeruk juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 60 mg.

9. Brokoli
Brokoli merupakan sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan. Brokoli bermanfaat bagi kesehatan Bahkan dapat dikatakan bahwa brokoli merupakan sayuran dengan kandungan kalsium tertinggi yaitu 180 mg.

10. Oatmeal
Oatmeal merupakan makanan yang baik bagi jantung, kaya akan serat dan mengandung karbohidrat. Selain itu oatmeal juga mengandung kalsium yang cukup tinggi, dalam 1 mangkuk oatmeal mengandung 105 mg kalsium.

Itulah Jenis-jenis makanan yang mengandung banyak kalsium. Sebanarnya masih banyak lagi makanan yang mengadung kalsium selain makanan-makanan di atas. Namun itu dulu sudah cukup untuk menambah pengtahuan keta tentang makanan apa saja yang mengandung kalsium. Sekian dari saya, semoga kita selalu bisa untuk menjaga kesehatan kita. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar